baJu boDo n a maRRiaGe..

by - 12:25

Baju bodo identik dengan pernikahan. Dalam 4 bulan terakhir ini, sudah 3 kali saya mengenakan baju kebesaran Sulawesi Selatan itu. Di pernikahan temanku, Dian H, 21 Februari dan Leli, 29 Maret silam. Yang terakhir, adalah permikahan dosenku, drg. Hj.Nurhaedah Ghalib.

pas kawinan Leli n Dian..


Yang saya suka dari baju bodo, ukurannya yang gombrang, terasa pas dengan ukuran tubuh saya yang agak super, hehe.. Lumayan buat nyembunyiin lipatan perut. Warnanya juga bervariasi, dari, hijau, pink, merah, kuning, dll. Belakangan saya tau, warna baju bodo dulunya ternyata menyimpan makna. Warna hijau biasanya diperuntukkan untuk puteri bangsawan, warna jingga dipakai oleh anak perempuan berumur 10 tahun. Sedangkan yang berwarna jingga dan merah darah dapat digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun. Untuk umur 14-17 tahun ketika beranjak jadi gadis, sang perempuan memakai baju bodo belapis dua, yang disebut baju ”tawang”. Sedangkan warna merah darah untuk 17-25 tahun. Namun, kini aturan itu kadang hanya berlaku di kalangan masyarakat tertentu saja.

Umumnya, baju bodo dipadu dengan sarung atau lipa, terbuat dari benang biasa atau lipa garusuk maupun kain sarung sutera atau lipa sabbe dengan warna dan corak yang beragam.

Penggunaan busana lengkap (baju bodo dan sarungnya) serta perhiasan lengkap biasa digunakan pada pengantin wanita Bugis-Makassar. Unsur perhiasan yang terdapat di kepala adalah mahkota (saloko), sanggul berhiaskan bunga dengan tangkainya (pinang goyang), dan anting panjang (bangkarak). Perhiasan di leher antara lain kalung berantai (geno ma`bule), kalung panjang (rantekote), dan kalung besar (geno sibatu), dan berbagai aksesori lainnya.

Mungkin tahun ini banyak tawaran datang menggunakan baju bodo..tapi mungkin saja akhir tahun ini atau tahun depan saya bisa mengenakan baju bodo plus dengan perhiasan lengkapnya..amin.




You May Also Like

2 ur comment's

  1. Hi Uleng,

    I found your blog when I was looking for my old friends, Hj. Nurhedah Ghalib was one of them. Hj Nurhedah and I are both from Soppeng; we went to junior high, senior high and even FKG UNHAS (angk. '92)together. Too bad, I had to leave FKG before getting the degree. Anyway, I was just wondering whether you have her wedding picture that you can share. I would really appreciate that :) Thank you.



    Andi Jusniar

    P.S: In case you're wondering why I had to ask the picture from you: simple truth; I'm always far away from my hometown, Soppeng :)

    ReplyDelete
  2. mau tanya, dimana ya bisa jahit baju bodo. Saya bukan orang sulawesi tp seneng aja liatnya. Oh iya domisili saya dijakarta, ada gak ya tempat yang bisa jahit baju bodo di jakarta? Mau dong diemail ke abi280482@yahoo.co.id

    ReplyDelete